• Saturday 17 December 2016

Obyek Wisata Kabupaten Semarang

Sebelum menjelajahi Obyek Wisata Kabupaten Semarang, ada baiknya kita mengenal wilayah kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kota Ungaran. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Semarang di utara; Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan di timur; Kabupaten Boyolali di timur dan selatan; serta Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal di barat. Slogan Kabupaten ini adalah sebagai Bumi Serasi yang merupakan akronim dari "Sehat, Rapi, Aman, Sejahtera, dan Indah".

obyek wisata kabupaten semarang

Secara geografis, wilayah kabupaten semarang sebagian besar terdiri dari pegunungan, sehingga mayoritas obyek wisatanya adalah obyek wisata pegunungan. Untuk mengefektifkan waktu, perjalanan kita mulai dari ibukota kabupaten semarang, yaitu ungaran.

Ungaran terletak diselatan Kota Semarang. Jika anda dari kota semarang, anda bisa masuk TOL semarang - ungaran. dari exit tol ungaran, anda bisa berkuliner dahulu. Ungaran terkenal dengan tahu baksonya. ada beberapa toko yang menjual tahu bakso dengan merk - merk tertentu. Setelah perut terisi, mari kita berwisata mulai dari yang paling dekat dengan Ungaran

Air Terjun Semirang

Obyek Wisata kabupaten semarang air terjun semirang

Air Terjun Semirang terletak di dusun gintungan, desa gogik, kecamatan ungaran barat. Dari exit tol ungaran tepatnya kantor bupati ungaran, anda ambil jalur arah solo. setelah melewati hotel ungaran cantik ada pertigaan silahkan ambil kanan yang arah ke stikes ngudiwaluyo lalu ambil kanan naik. Setelah melewati areal persawahan dan beberapa desa anda akan sampai ke area parkir. dari area parkir anda bisa berjalan kaki melalui jalan setapak.

Wisata Alam Umbul Sidomukti

wisata alam umbul sidomukti

Umbul sidomukti merupakan wisata keluarga. terdapat area kemah, outbond, kolam renang, ataupun tempat rehat lainnya. Menuju umbul sidomukti tidaklah sulit. Dari air exit tol ungaran anda bisa langsung mengambil arah ke solo. sesampainya di SPBU Lemah abang, silahkan memutar ambil ke kanan arah ke candi gedong songo atau arah bandungan. Ikuti jalan yang ke arah bandungan sampai anda menjumpai pasar desa jimbaran ada gapura kanan jalan silahkan ambil kanan masuk ke gapura. ikuti jalan tersebut karena sudah ada petunjuk arah yang menuju kesana.

Wisata Belanja Pasar Bandungan

wisata belanja pasar bandungan

Dari umbul sidomukti, anda bisa melanjutkan berwisata ke komplek wisata alam candi gedong songo. Dari pertigaan pasar jimbaran anda ambil kanan terus naik. Sebelum sampai ke candi gedong songo, anda bisa rehat sebentar untuk kuliner dan belanja sayur dan bunga. Namun, anda bisa juga skip untuk lokasi ini jika anda berniat untuk berlama - lama di candi gedong songo.

Wisata Alam Candi Gedong Songo

obyek wisata kabupaten semarang candi gedong songo

candi gedong songo merupakan peninggalan budaya hindu. udaranya yang sejuk membuat komplek wisata candi gedong songo diminati banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. selain itu dengan kondisi alam pegunungan yang naik turun dimana letak candi satu dengan candi lainnya berjauhan, bisa menjadi ajang olah raga baik jalan maupun dengan berkuda.

di lokasi candi gedong songo terdapat pemandian air panas yang bersumber pada mata air dengan panas bumi. karena ada kawah aktif yang masih mengeluarkan belerang namun cukup aman untuk didekati. Selain air panas, di komplek candi gedong songo juga terdapat bumi perkemahan dan arena outbond

Wisata Alam Curug Tujuh Bidadari

wisata alam curug tujuh bidadari

dari lokasi pasar bandungan, lanjutkan perjalanan menuju desa sumowono. dari pasar sumowono ambil yang arah kendal. setelah melewati perkebunan, anda akan menemukan plang petunjuk ke obyek wisata curug tujuh bidadari. curug tujuh bidadari sebenarnya adalah aliran sungai, namun karena kondisi daerahnya berbukit sehingga memaksa air untuk terjun kebawah.

Wisata Alam Air Terjun Klenting Kuning

obyek wisata klenting kuning

air terjun klenting kuning lokasinya hampir berdekatan dengan curug tujuh bidadari. yaitu masih satu jalur dari bandungan menuju kendal. oleh penduduk setempat, sudah dibuat petunjuk arah. namun karena masih tergolong baru, jadi belum begitu ramai dikunjungi.

demikian obyek wisata kabupaten semarang yang bisa anda kunjungi dalam waktu satu hari karena lokasinya berurutan dan berdekatan. semoga bisa menjadi referensi wisata anda. terima kasih